Membuat Flashdisk Bootable Windows 7

By fajar tri utomo , At 8:47 PM , Has 2 Comment
bootableflashdiskwindows7_0
Selain kamu bisa menggunakan media DVD untuk membuat bootable Windows 7, kamu juga bisa menggunakan flashdisk sebagai media bootable. Bootable Windows melalui flashdisk ini juga bisa menjadi opsi bagi kamu yang memiliki notebook atau netbook tanpa dilengkapi DVD-Rom. Bagi kamu yang tertarik untuk membuat media instalasi Windows 7 melalui flashdisk, berikut ini WinPoin berikan 2 cara membuat Flashdisk bootable Windows 7 yang mudah untuk dilakukan.

Persiapan

Hal yang dibutuhkan hanyalah 1 flashdisk dengan storage minimal 4GB dan ISO Image dari Windows 7. Setelah semuanya siap kamu bisa memilih salah satu dari 2 cara dibawah ini:

Dengan Menggunakan Diskpart

bootableflashdiskwindows7_1
Kamu bisa menggunakan utility bawaan Windows yaitu diskpart yang bisa dijalankan melalui Command Prompt (CMD). Untuk langkah-langkah lengkapnya bisa kamu lihat di thread Cara Membuat Installer Windows di USB Flashdisk Bootable Tanpa Menggunakan Software di Forum WinPoin.
Dan jika kamu ingin menggunakannya pada sistem UEFI, kamu bisa membaca Cara Membuat UEFI Bootable USB di Forum WinPoin.

Dengan Menggunakan Software

Ada banyak software pihak ke tiga untuk membuat bootable windows yang bisa kamu coba. Sebagai contoh disini WinPoin Menggunakan Rufus.
bootableflashdiskwindows7_2
Untuk menggunakannya pertama colok flashdisk ke PC, setelah itu jalankan Rufus nantinya flashdisk akan otomatis terdeteksi. Untuk membuat bootable pada bagian opsi “Create a bootable disk using“, pilih “ISO image” lalu pilih icon drive untuk memilih file ISO yang diinginkan.
bootableflashdiskwindows7_3
Setelah memilih maka otomatis Volume label akan berganti sesuai dengan data ISO tersebut. untuk memulai proses klik Start dan sebelum prosesnya berlangsung akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa seluruh data pada flashdisk akan dihapus. Tunggu prosesnya kurang lebih 5 menit, setelah selesai kamu boleh menutup rufus dan flashdisk siap dipakai sebagai media bootable.
Alternatif selain menggunakan Rufus kamu dapat menggunakan WinToFlash, Yumi, ataupun Windows 7 DVD / USB Tool.
Membuat Flashdisk Bootable Windows 7
About
Membuat Flashdisk Bootable Windows 7 - Written By fajar tri utomo , Published At 8:47 PM, Categorized As Seven , Tutorial , Windows . And Has 2 Comment
Bck
Cancel Reply

Info Sites

Flag Counter

Like Fans Page

Followers

Copyright ©2014 SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa
All Rights Reserved
Published By SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa
Powered by Blogger
-->